Minggu, 23 September 2012

Cara Membuat USB Extender 10 Meter untuk Konektor Antena Wifi/

Masa Berganti, Teknologi Berkembang dan seperti biasa kemajuan selalu membawa dampak positif berikut dampak negatifnya, tetapi udah tuntutannya para engineer harus mengakali kekurangan dari perkembangan teknologi tersebut karena teknologi hanya mengenal kata maju.

Pengalaman ini kami bagikan semoga bermanfaat kiranya, dimana ada contoh kasus di kantor ku, Bagian Umum terpisah dari kantor utama dan berada pada jarak yang sangat jauh untuk dihubungkan dengan koneksi kabel LAN guna kebutuhan intra dan internet. Maka kami memutuskan untuk membuat Antena Kaleng dengan pertimbangan kesederhanaan dan hasil yang cukup maksimal untuk menangkap sinyal yang di pancarkan dari Access Point di kantor utama.

Kendala yang dihadapi terletak pada kabel USB Wifi dari antena kaleng bawaan nya yang cukup pendek, walhasil kami membeli USB Extender v.2.0 sepanjang 5 meter, tiba lah waktu percobaan ternyata kabel USB v.2 sepanjang 5 meter tersebut tidak cukup 'tenaga' untuk menghantarkan data dan daya ke perangkat USB Wifi yang terletak di antena kaleng tersebut. Berdasarkan pengalaman usang jaman saat USB masih versi 1.1 , masih cukup kuat untuk menghantarkan daya namun lambat dalam menghantarkan data, maka kami menonaktifkan fitur USB 2.0 pada BIOS komputer agar berubah menjadi USB v.1.1 .. dulu cara ini pernah berhasil, tapi 'ciloko' nyo, USB 2.0 telah berhasil menggantikan keseluruhan komponen baik di USB Wifi Antena kaleng, kabel extended 5 meter nya sendiri dan USB Jack di komputer sendiri .. bisa ditebak hasilnya dari percobaan penggantian versi USB di atas tidaklah berhasil.

Jadi singkat kata singkat cerita, boleh percaya boleh tidak, yang jauh mendekat yang dekat merapat .. ( lah kayak tukang obat kog jadinya ??? ) setelah membaca sejumlah artikel di beberapa situs yang entah iyo entah idak empunya sudah mencoba ( berikut kami yang lebih tolol mengikuti nya ) di dapatlah hasil seperti berikut :

1. Untuk membuat USB Extender jarak maksimal sejauh 12 meter selebihnya kita membutuhkan alat bernama USB Power Injektor, oleh sebab itu jarak yang terbaik untuk membuat USB Extender TANPA Power Injektor adalah sepanjang 10 Meter.

2. Jangan percaya  ama Kabel USB Extender yang kita beli di pasaran, karena yang namanya teknologi berbanding lurus ama harga, jadi kalo beli kabel USB extender 5 meter dapet murah, ya jangan mengharapkan bisa menghidupkan komponen di dalam USB Wifi yang notabenenya butuh daya lebih besar untuk menghantarkan data 10/100Mbps ketimbang sekedar menghidupkan Flash Disk atau printer dari jarak 5 meter tersebut.

3. Namun jika terpaksa dapet pokok miring, apalagi pengadaan di kantor yang belum apa2 oknum2nya udah minta bagian padahal kerja belum. Maka SARAN TERBAIK ADALAH KUPAS HABIS USB EXTENDER 5 MTER TERSEBUT , AMBIL HANYA KEPALA USB MALE DAN FEMALE NYA  S.A.J.A, bersihkan solderan timahnya untuk kemudian di gabungkan dengan kabel UTP ( Unshielded Twisted Pair ) sebanyak 8 buah kabel untuk digabung dengan 4 buah kabel dari USB. berikut skemanya :

USB                                     UTP                                            Fungsi
Merah    --------------  Orange Putih - Orange ( 2 Kabel )       Daya
Hijau     ---------------  Hijau ( 1 Kabel )                                   Data
Putih   -----------------  Hijau Putih ( 1 Kabel )                         Data
Hitam  ----------------- Coklat Putih, Coklat, Biru Putih, Biru    Daya




Penampakan USB dan UTP Cable


Skema di atas menunjukkan bahwa kita harus mensolder setiap kabel tersebut dan merangkainya baik di USB JAck MAle dan USB Jack Femalenya,  sehingga hasilnya akan menjadi seperti ini :





USB UTP Merah ----------- Orange Putih - Orange ( 2 Kabel ) Putih ----------- Putih Hijau ( 1 Kabel ) Hijau ----------- Hijau ( 1 Kabel ) Hitam ------- Biru Putih, Biru, Coklat Putih, Coklat ( 4 Kabel )



Walhasil untuk susunan seperti ini dapat menghidupkan USB Wifi di Antena Kaleng sehingga bisa menangkap dan menghantarkan data dengan baik ke PC dengan jarak antena hingga 8 meter.

Selamat Mencoba.
Semoga Berkenan kiranya.


USB To UTP Extender 10 Meter

5 komentar:

  1. kabel extender 25 mpe 70 meter, ni caranya:
    http://teguhsuroso-k-link.blogspot.com/2013/05/wajanbolic-membuat-usb-extender-25-meter.html

    BalasHapus
  2. Memang kebanyakan pakai UTP ya hehe..

    Tapi kalau cara saya beda lagi.

    Cara membuat rangkaian usb power injector dan usb repeater penguat sinyal.. Berikut video pengujian alatnya.

    Sudah di tes dengan macam-macam peripheral usb, mulai dari modem usb, wireless adapter usb, sampai ke harddisk usb. Selama ini nggak ada masalah tidak terdeteksi/usb not recognized ataupun transfer data melambat.

    http://simple-aja.info/2499/rangkaian-penambah-daya-port-usb

    BalasHapus
  3. pagii gan,slmt beraktifitas yua semoga sukses,owh yua gan makasih yua atas infonya
    rajalistrik.com

    BalasHapus
  4. Sudah ditambahkan penjelasan yang lebih lengkap lagi mengenai teknis USBnya. Supaya yg hendak mencoba bisa memahami teorinya juga.

    Perpanjangan kabel untuk USB itu tidak cuma sekedar menyamakan tegangan diujung-ujung kabel. Ada transmisi data juga pada pin D+ dan D- yang dihantarkan dalam bentuk impulse tegangan (berupa gelombang kotak).

    Silahkan simak artikel saya mengenai USB di blog simple-aja.
    Ada tiga bagian artikel terpisah, mengenai standar USB dan spesifikasinya, mengenai perpanjangan kabel ekstender USB dan penguatan arus, mengenai rangkaian penguatan signal D+ dan D- dari port USB, perlu kesabaran ekstra dalam membaca karena tulisan cukup detil dan panjang.

    BalasHapus
  5. Buat teman2 yang mau buat kabel ekstender hingga mencapai 25 m menggunakan kabel UTP bisa pakai converter konektor RJ45 to USB. Saya sudah mencobanya lancar hingga 20 meter. Bagi agan yang minat bisa hubungi ane PIN: 5A3CEA53 / 087861146193

    BalasHapus